Tips Cara Seputar Hidup Sehat Secara Alami dan Perawatan Tubuh Secara Alami

Cara Alami Memberikan Pertolongan Pertama Saat Anak Demam

Advertisement

Solusi cepat mengatasi anak demam dengan cara alami - Anak merupakan anugrah yang luar biasa yang telah diberikan kepada kita. Sangatlah senang jika mempunyai anak, anda bisa bermain dan bercanda bersama anak anda, namun pada saat anak mengalami demam tentu anda tidak tega melihatnya, karena semua tawa dan canda anak menjadi hilang. Demam pada anak bisa terjadi karena adanya perubahan suhu tubuh atau bisa juga karena terserang virus. Sebenarnya merupakan hal yang wajar jika terjadi demam pada anak karena biasanya saat demam akan membentuk antibiotik alami pada tubuh anak anda.

Cara Alami Memberikan Pertolongan Pertama Saat Anak Demam
Image source: Google Images

Kebanyakan orang menjadi panik saat anaknya mengalami demam, sebaiknya jika anak anda mengalami demam janganlah panik karena jika anda panik dapat mempengaruhi psikologis anak anda. Sebaiknya anda tenang terlebih dahulu dan segera lakukan cara dibawah ini. Baca juga cara alami menghilangkan kerutan di wajah 

8 Cara Cepat menurunkan Demam Anak secara Alami

1. Ukur Suhu Tubuh Anak dengan Termometer
Jika anak anda mengalami demam disertai panas, segera ukur suhu tubuh anak anda jika panasnya masih dibawah 35 derajat celcius berarti panas anak anda masih normal tapi jika panasnya sudah diatas 38 derajat celcius segera periksa ke rumah sakit terdekat.

2. Segera Kompres dengan Kompresan Khusus untuk Anak-Anak
Saat ini sudah banyak kompresan khusus untuk anak-anak yang dijual di apotik terdekat. Segera kompres anak anda dibagian dahi atau jidatnya. Jika keesokan harinya anak anda masih panas atau malah bertambah tinggi panasnya segera periksakan ke dokter agar dapat ditangani dengan cepat jika terjadi sesuatu.

3. Menggunakan Parutan Bawang Merah dan Jahe
Solusi alami dan natural dengan memanfaatkan Bawang merah dan jahe mempunyai zat yang dapat menurunkan demam, caranya anda bisa parut bawang dan jahe kemudian ditambahkan sedikit minyak lalu oleskan parutan tersebut diseluruh tubuh anak anda sambil diurut perlahan-lahan dan jangan sampai terkena mata.

4. Berikan Makanan Hangat yang Bergizi
Saat tubuh mengalami demam biasanya sistem pertahanan atau imun tubuh si anak semakin berkurang, maka dari itu berikan makanan hangat yang mengandung gizi seperti sop sayur, kuah kaldu ayam dan lainnya.

5. Jangan Terlalu Rapat Menutupi Tubuh
Kebanyakan orang berpikir saat anak mengalami demam dan badannya terasa panas berarti harus dipakaikan jaket, kaos kaki dan baju hangat. Padahal itu tidak sepenuhnya benar karena justru jika tubuh anak anda ditutup dengan rapat maka suhu panas yang ada didalam tubuh tidak dapat keluar.
Sebaiknya kenakan pakaian yang tipis atau tidak terlalu tebal, tapi untuk sementara jangan nyalakan kipas anging atau AC terlebih dahulu agar suhu tubuh anak anda kembali normal.

6. Perbanyak Minum Air Putih
Salah satu penyebab demam pada anak adalah karena kurangnya cairan dan mineral pada tubuh anak. Maka dari itu perbanyak minum air putih sehingga cairan tubuh dapat terpenuhi kembali dan suhu tubuh bisa menjadi normal kembali.

7. Berikan Obat Penurun Panas Khusus Anak
Jika panas anak tidak kunjung turun maka cobalah untuk memberikan obat penurun panas khusus anak karena obat penurun panas khusus anak dan obat panas untuk dewasa memiliki dosis yang berbeda. Berikan obat yang mengandung ibuprofen atau paracetamol yang aman untuk anak-anak.

8. Perbanyak Istirahat
Saat demam, kondisi tubuh anak menurun sehingga diperlukan banyak istirahat agar kondisi tubuh anak kembali pulih. Buat anak anda merasa nyaman saat beristirahat dan jangan sampai ada yang menganggunya.

Jika semua cara diatas sudah anda lakukan tapi panas anak anda tidak menurun atau semakin bertambah sebaiknya segera melakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat agar bisa ditangani 
dengan cepat jika terjadi sesuatu.

Semoga artikel Tips Turunkan Demam Anak Secara Alami dapat membantu anda untuk merawat buah hati saat sedang demam, intinya saat anak demam janganlah panik dan buat mereka senyaman mungkin didekat anda.

Cara Alami Memberikan Pertolongan Pertama Saat Anak Demam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. Ketuk setiap ubin yang Anda lihat dengan objek yang dijelaskan di teks. Jika gambar baru muncul dengan objek yang sama, ketuk juga gambar itu. Bila tidak ada lagi yang tersisa, klik Verifikasi.

    BalasHapus