Tips Cara Seputar Hidup Sehat Secara Alami dan Perawatan Tubuh Secara Alami

Kenali Gejala Penyakit Hipertensi dan Cara Mencegahnya Sejak Dini

Advertisement

Tanda-tanda gejala penyakit hipertensi - Penyakit Hipertensi atau yang biasa disebut penyakit darah tinggi merupakan suatu penyakit akibat tingginya tekanan darah. Penyakit hipertensi bisa menyerang siapa saja baik pria ataupun wanita, baik yang muda ataupun yang tua. Sebaiknya anda berhati-hati dengan penyakit hipertensi atau darah tinggi. Penyakit hipertensi sudah menyerang banyak orang tanpa disadari, karena biasanya orang-orang yang menderita penyakit darah tinggi masih terlihat sehat, berbeda dengan orang yang mengalami anemia atau darah rendah yang biasanya terlihat lemas dan sedikit pucat.

Penyakit hipertensi dapat diketahui biasanya dengan cara pemeriksaan tensi darah, riwayat keluarga dan juga melihat gejala awal yang dirasakan oleh si penderita. Yang paling berpotensi terkena hipertensi biasanya orang-orang yang mempunyai riwayat keluarga atau keturunan yang juga menderita penyakit hipertensi. Baca juga Tips mengatasi bad mood dengan makanan dan minuman

Kenali Gejala Penyakti Hipertensi dan Cara Mencegahnya Sejak Dini
Image source: Google Images

Ciri-ciri Gejala Penyakit Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Cara yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang untuk mengetahui apakah mereka menderita hipertensi adalah dengan mengukur tensi darah mereka, jika tensi darah anda tinggi dan dalam riwayat keluarga juga ada yang menderita darah tinggi berarti sudah tidak diragukan lagi anda terkena penyakit hipertensi atau darah tinggi.

Berikut ini klasifikasi darah tinggi atau hipertensi  yang diambil dari JNC-VI :
Normal :  < 130 mmHg (Sistolik) , < 85 mmHg (Diastolik)
Normal Tinggi : 130 – 139 mmHg (Sistolik), 85 – 90 mmHg (Diastolik)
Hipertensi Tingkat 1 : 140 – 159 mmHg (Sistolik), 90 – 99 mmHg (Diastolik)
Hipertensi Tingkat 2 : 160 – 179 mmHg (Sistolik), 100 – 109 mmHg (Diastolik)
Hipertensi Tingkat 3 : > 180 mmHg (Sistolik), > 110 mmHg (Diastolik)

Definisi lain dari Penyakit darah tinggi atau hipertensi adalah dimana kondisi tekanan darah sistolik diatas 140 mmHg dan tekanan darah diastolik diatas 90 mmHg. Dengan melakukan pemeriksaan tekanan atau tensi darah maka anda dapat mengetahui apakah anda mengalami darah tinggi atau hipertensi.

Hipertensi memiliki berbagai macam gejala seperti penyakit pada umumnya seperti:
1. Mudah marah
2. Sering pusing
3. Mual
4. Hidung mengeluarkan darah
5. Sering buang air kecil
6. Sering merasa lemas
7. Penglihatan mulai berbayang

Jika anda sudah mulai merasakan gejala seperti diatas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan agar bisa ditangani lebih dini sehingga jika terjadi sesuatu dapat diatasi dengan cepat. Sebenarnya penyakit hipertensi atau darah tinggi diakibatkan oleh gaya hidup yang kurang sehat.

Cara Alami Mengatasi dan Hal-Hal yang Harus Dihindari

Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari agar terhindar dari penyakit hipertensi atau darah tinggi:
1. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan kolestrol
2. Jarang berolahraga
3. Banyak beban pikiran atau stres
4. Kurang istirahat
5. Sering menghisap rokok dan minum alkohol

Semua kebiasaan buruk diatas sebaiknya segera dihindari jika anda ingin selamat dari serangan penyakit hipertensi. Namun jika anda sudah terlanjur menderita penyakit hipertensi sebaiknya segera lakukan pengobatan dan pemeriksaan secara rutin agar terhindar dari komplikasi seperti jantung koroner dan stroke.

Jika anda ingin selamat dari penyakit hipertensi atau penyakit darah tinggi maka mulailah gaya hidup sehat dari sekarang dan tinggalkan semua kebiasaan buruk diatas,biasakan diri untuk rajin berolahraga dan istirahat secukupnya agar kondisi badan tetap fit dan segar selalu.

Semoga artikel Kenali Bahaya Penyakit Hipertensi Sejak Dini dan Cara Menanggulanginya dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga anda, yang mesti anda ingat bahwa penyakit hipertensi sangat sulit terdeteksi karena penderita hipertensi terlihat sehat pada umumnnya. Biasakan gaya hidup sehat karena sehat itu nikmat.

Kenali Gejala Penyakit Hipertensi dan Cara Mencegahnya Sejak Dini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 komentar: