Tips Cara Seputar Hidup Sehat Secara Alami dan Perawatan Tubuh Secara Alami

Cara Alami Mengatasi Flu Pada Bayi

Advertisement

Cara Alami Mengatasi Flu Pada Bayi - Bayi yang sehat dan ceria adalah dambaan setiap orang tua, namun bagaimana apabila flu datang menghalangi keceriaan si kecil? Pasti orang tua manapun tidak mengharapkan demikian. Flu adalah penyakit yang rentan disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang saluran pernafasan atas yang meliputi hidung dan tenggorokan. Setiap orang dapat terserang oleh penyakit yang satu ini, apalagi bayi yang sangat rentan terhadap penyakit karena sistem imun dalam tubuh sang bayi belumlah sekuat milik orang dewasa.

mengatasi flu pada bayi

Bayi yang mengalami penyakit flu dapat dikenali dengan gejala seperti badan lesu, demam yang melebihi 38’C, batuk, serta rewel yang sering dialami karena rasa nyeri di sekujur tubuh terutama pada bagian kepala. Apabila flu yang terjadi pada bayi belum terlalu parah, kita dapat mengambil langkah berikut sebagai pereda flu yang dialami oleh sang bayi.

  1. Biarkan sang bayi beristirahat dengan cukup untuk menambah daya tahan dan memulihkan tenaga pada tubuhnya.
  2. Tetap berikan ASI sebagai sumber tenaga yang mungkin telah menurun drastis saat terjadi dehidrasi karena flu.
  3. Kita juga harus rajin memantau suhu tubuhnya yang disarankan setiap 3-4 sekali.
  4. Jaga sirkulasi udara di sekitar ruangan agar mengalir dengan baik. Udara yang pengap dapat memperparah keadaan si bayi.

Sebenarnya penyakit flu bukanlah termasuk kategori penyakit yang parah, namun dapat menyebabkan si kecil merasa sangatlah terganggu. Sebenarnya penyakit flu dapat sembuh sendiri tanpa pemberian obat-obatan yang berbahan kimia, bila si kecil ditangani dengan serius dalam jangka 3-10 hari pun penyakit ini akan mereda lebih cepat.

Akan tetapi, selama rentang waktu tersebut kemungkinan yang banyak terjadi adalah adanya lendir yang memenuhi hidung. Hal inilah yang sangat mengganggu si kecil sebab ia akan mengalami kesulitan dalam bernafas.

Untuk itu beberapa tips berikut ini perlu diperhatikan dalam proses mempercepat pengeluaran lendir pada bayi.
  1. Untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat, ada baiknya kita mengajak si kecil sesekali berjemur pada mentari pagi.
  2. Demi menjaga kesehatan agar tidak terserang penyakit lain seperti biang keringat, maka perlu memandikan si bayi tentunya dengan air hangat.
  3. Jika ingin mengoleskan minyak telon sebagai penghangat, maka oles saja di baju depan bagian dada bayi. Jangan terlalu sering mengoleskannya pada kulis secara langsung karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit.
  4. Berikan obat tetes hidung (NaCl) yang hanya mengandung garam saja. Ini akan mengencerkan lendir supaya lebih mudah ditelan bayi dan kemudian akan merangsang bersin sehingga lendir mudah keluar.
  5. Jangan sesekali menyedot langsung lendir di hidung bayi menggunakan mulut karena hal ini dapat menimbulkan tertularnya penyakit lain apabila kita menderita penyakit tertentu, maka gunakanlah pipet khusus untuk menyedot lendir bayi.

Mudah bukan? Demikianlah beberapa tips cara alami mengatasi flu pada bayi yang mudah diterapkan sebagai pertolongan pada bayi yang mengalami flu.

Cara Alami Mengatasi Flu Pada Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ifan Prasya

5 komentar: