Tips Cara Seputar Hidup Sehat Secara Alami dan Perawatan Tubuh Secara Alami

Cara Mengobati Diare Pada Bayi Secara Alami

Advertisement

Cara mengobati diare pada bayi secara alami – Siapa yang tak pernah mengalami penyakit Diare? Penyakit yang banyak membuat orang dapat merintih kesakitan akibat lara yang ditimbulkannya.

Diare merupakan salah satu penyakit berupa gangguan pencernaan yang sangat menyiksa bagi para penderitanya. Diare yang terlalu serius akan berdampak pada cairan tubuh seseorang yang semakin menipis karena terlalu banyak cairan yang keluar lewat BAB dan akan mengakibatkan lemas.

Ciri seorang yang terserang penyakit ini adalah merasakan sakit di bagian perut dan berakhir pada buang air besar dimana tinja kini berubah menjadi lembek/cair. Penyakit diare bisa terjadi pada orang dewasa, balita, bahkan pada bayi. Maka tak ayal di berbagai negara diare tercatat sebagai wabah penyakit yang banyak menyebabkan kematian khususnya pada bayi dan balita.

mengobati diare pada bayi

Gejala umum yang sering nampak pada bayi yang mengalami penyakit diare adalah feses/tinja yang menjadi cair, meningkatnya frekuensi BAB hingga tiga sampai lima kali lipat dari biasanya. Gejala lain yang sering terabaikan adalah demam disertai muntah, dan juga bayi jarang buang air kecil yang menandakan terjadinya dehidrasi dalam tubuh si bayi.

Apabila dibiarkan penyakit diare ini sangatlah berdampak buruk yang berujung pada kematian dikarenakan dehidrasi berat saat terjadinya penyakit ini. Maka jangan biarkan penyakit ini berlarut-larut terlalu lama mengganggu si buah hati. Nah, adapun cara mengatasinya diare pada bayi secara alami adalah dengan obat tradisional berupa larutan gula dan garam yang sering kita kenal dengan sebutan, oralit tentunya sesuai dengan petunjuk dokter.

Kemudian tetap berikan ASI kepada bayi dengan tujuan mensuplai tenaga dan agar tidak terjadi dehidrasi, berikan secara perlahan namun terus menerus tanpa henti sekitar 10 hingga 30 menit. Bila bayi sudah dapat mengkonsumsi makanan, berilah ia makanan yang mudah dicerna seperti pisang.

Adapun untuk memperkecil resiko terserangnya penyakit diare kita dapat melakukan beberapa tindakan kecil antara lain menjaga kebersihan peralatan makan untuk bayi dan juga selektif dalam memilih makanan yang kemudian akan menjadi konsumsi bagi si bayi.

Itulah ulsan singkat mengenai cara mengatasi diare pada bayi secara alami. Biasanya, diare pada bayi berlangsung kurang dari satu pekan. Apabila penyakit berlanjut tak kunjung henti, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Cara Mengobati Diare Pada Bayi Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ifan Prasya

7 komentar: