Tips Cara Seputar Hidup Sehat Secara Alami dan Perawatan Tubuh Secara Alami

Beragam Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Advertisement

Buah salak sepertinya sudah tidak asing lagi bagi Orang Indonesia. Apalagi, banyak varian dari buah yang berukulit kasar ini, sebut saja yang terkenal diantarnya salak pondoh, salak bali, salak swaru, sampai salak condet. Disamping itu itu, rasa buah yang memiliki kulit kasar bersisik seperti ular ini juga beragam rasa. Salak yang telah matang, biasanya akan mempunyai rasa yang manis, sedikit asam, dan sebagian ada yang sedikit sepat. Dibalik bentuknya yang unik serta rasa yang manis dan sepat, ternyata buah salak juga mempunyai kandungan nutrisi yang terbilang lengkap. setiap 100 gram buah salak memiliki kandugan energi sebesar 368 kilo kalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, serta zat besi 3,9 miligram. Tidak hanya itu, di dalam buah salak juga terkandung vitamin C sebesar 8,4 mili gram.


Manfaat Kesehatan Buah Salak 

karena mengandung nutrisi yang cukup lengkap, maka tidak heran bila buah salak mempunyai bermacam manfaat untuk kesehatan. Manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dari buah salak diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Kinerja Otak
menurut penelitian, terungkap kalau salak ternyat dapat meningkatkan kinerja otak sebab kandungan potasium dan pektin yang ada dalam buah salak. Potasium berguna untuk sistem saraf otonom (SSO), yang bertugas mengendalikan detak jantung, meningkatkan fungsi otak,serta proses fisiologi penting lain.
menurut hasil penelitian, didapatkan bahwa pektin berpotensi untuk mencegah serta mengobati kanker prostat. Pektin bekerja dengan cara menghambat reproduksi sel kanker dan menurunkan resiko apoptosis, yakni sel yang memprogram kematiannya sendiri.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Buah salak memiliki kandungan betakaroten yang baik untuk menjaga serta memelihara kesehatan mata. menurut penelitian diketahui bahwa kandungan betakaroten dalam buah salak lebih besar hingga 5,5 kali lebih besar dari buah mangga, dan 5 kali lebih besar daripada buah semangka. Bila Anda bosan minum jus wortel, Anda dapat menjadikan jus salak sebagai alternatif yang tepat dalam menjaga kesehatan mata.

3. Mencegah Sembelit
Ada sebuah angapan yang menyatakan bahwa mengonsumsi buah salak bisa menyebabkan susah BAB. Padahal, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Menurut ahli gizi dari RSUD dr Soetomo,FX Wahyurin Mitano, sebaiknya ketika mengonsumsi buah salak janganlah dibuang kulit arinya atu kulit tipis yang ada dipermukaan buah salak. karena justru di dalam kulit ari itulah ada kandungan seratnya. Kandungan serat itu yang bisa mengurangi resiko sembelit sesudah makan buah salak. Buah Salak juga kaya akan kandungan dengan tanin, yaitu zat yang dikenal sebagai obat anti diare. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda makan  buah jeruk. ketika makan jeruk janganlah hanya memakan bulirnya saja, akan tetapi juga makan
pembungkus bulir jeruknya, sebab pembungkus bulir itu, memiliki kandugan serat yang tinggi untuk melancarkan sistem pencernaan serta mencegah sembelit.

4. Membantu Program Diet
Kandungan serat yang tinggi dalam buah salak bisa membantu Anda merasakan kenyang lebih lama, jadi akan menghindarkan Anda dari makan dalam jumlah banyak. sehingga, buah salak baik utuk  dikonsumsi ketika Anda sedang menjalankan program diet.

tenyat banyak juga manfaat buah salak bukan? semoga dengan membaca artikel inidapat menambah pengetahuan kita tentang buah salak.

Beragam Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

4 komentar:

  1. artikel yang bagus, thanks
    toko herbal depok

    BalasHapus