Tips Cara Seputar Hidup Sehat Secara Alami dan Perawatan Tubuh Secara Alami

Cara Alami dan Ampuh Untuk Berhenti Merokok

Advertisement

Cara Alami dan Ampuh Untuk Berhenti Merokok - merokok saat ini sudah menjadi kebiasaan dari banyak orang. Bagi seorang perokok, menghisap rokok adalah suau hal yang sangat sulit unuk dihentikan. Mereka sebenarnya sadar, kalau merokok tidak hanya membahayakan dirinya sendiri, namun juga orang yang ada sekitarnya. Seringkali, meskipun berusaha untuk berhenti merokok, namun akhirnya sia-sia. Namun jika Anda sudah niat untuk berhenti merokok, jangan menyerah, Anda bisa mencoba beberapa cara alami dan ampuh untuk berhenti merokok berikut ini.



Ketahuilah Alasan Tepat Anda
Tak hanya cukup dengan menjadikan “sebab rokok buruk bagi Anda” untuk jadi alasan Anda berhenti merokok. Anda juga perlu memiliki motivasi pribadi yang kuat, seperti keinginan untuk melindungi keluarga dari asap rokok. Anda juga dapat berfikir bahwa kanker paru-paru merupakan sesuatu yang menakutkan. Bisa pula alasan sederhana seperti keinginan agar tampak lebih muda. Pilihlah alasan kuat ketimbang keinginan Anda untuk menyalakan rokok.

Janganlah Plin Plan
Mudah untuk membuang rokok kemudian menyatakan diri sudah berhenti merokok. Sangat polos serta sederhana. Hanya janganlah seperti itu. Sebab 95 % orang yang coba berhenti merokok namun tanpa terapi mengalami kegagalan. Alasannya karena nikotin menyebabkan sifat ketergantungan. Otak yang terbiasa akan nikotin haus dengan senyawa ini.

Cobalah Terapi Pengganti Nikotin
Pecandu rokok akan merasakan gelisah, depresi, frustasi serta marah saat tak mendapatkan asupan nikotin. Terapi pengganti nikotin akan dapat membantu untuk mengurangi perasaan tersebut. Studi memperlihatkan bahwa permen karet nikotin, patches, dan lozenges, bisa membantu untuk dapat berhenti merokok. Hal itu karena pada umumnya tidak dianjurakan mengonsumsi produk ini sambil merokok.

Ketahuilah Resep Obat
Datanglah ke dokter lalu minta resep obat. Ketahuilah cara yang memudahkan penarikan nikotin menggunakan produk yang tidak mengandung nikotin. Ada pil dari bahan kimia yang akan membantu untuk mengurangi ketagihan di otak. Sebaiknya janganlah pergi ke dokter sendirian.

Nyatakanlah kepada Orang Dekat
Keputusan Anda untuk berhenti merokok sebaiknya utarakan pada teman, rekan kerja dan keluarga. Mereka dapat mendorong Anda supaya dapat membuat perbedaan. Anda dapat bergabung dengan kelompok pendukung ataupun berbicara dengan konselor. Terapi perilaku merupakan jenis konseling yang akan membantu identifikasi serta memberikan cara berhenti merokok. Peluang Anda untuk berhasil berhenti merokok semakin besar dengan gabungan antara produk pengganti nikotin dengan terapi perilaku.

Kelola Stres
Lebih santai adalah satu dari bermacam alasan merokok. Nikotin dianggap dapat membantu mengatasi stres. Niat Anda untuk berhenti merokok haruslah diikuti cara lainnya untuk mengatasi stres. Anda dapat melakukan yoga ataupun mendengarkan musik. Anda harus dapat menghindari stres selama beberapa pekan sesudah memutuskan untuk berhenti merokok.

Hindarilah Alkohol serta Pemicu Merokok Lain
Keinginan untuk merokok dapat ditingkatkan karena kegiatan tertentu. Alkohol adalah salah satu pemicunya. Oleh karenanya, hentikanlah mengonsumsi alkohol. Hanya saja jika pemicunya kopi, Anda dapat beralih dengan minum teh selama beberapa pekan. Anda pun perlu mencoba untuk menghentikan kebiasaan merokok sesudah makan dengan mengunyah permen karet atau menyikat gigi.

Bersihkanlah rumah
Buanglah korek api dan asbak. Cucilah pakaian, gorden, karpet serta benda lain supaya terhindar dari bau asap rokok. Singkirkanlah aroma familiar dengan cara menyemprotkan penyegar udara. Janganlah pernah lagi untuk melihat ataupun mencium sesuatu yang dapat mengingatkan Anda kepada rokok.

Coba dan Coba Lagi
Kambuh merokok lagi setelah berhenti memang wajar, dan bahkan tidak sedikit yang kemudian menyerah kepada rokok. Periksalah emosi serta kondisi yang menyebabkan Anda kambuh. Kembalikanlah komitmen untuk berhenti merokok. Cobalah lagi serta tetapkan batas waktu. 

Olahraga
Aktivitas fisik dapat membantu untuk mengurangi ketagihan nikotin. Gantilah dengan mengambil sebatang rokok jadi meraih sepatu olahraga. Melakukan olahraga ringan, seperti jalan-jalan ataupun mencabut rumput liar di kebun, pun bahkan sangatlah membantu. Kalori ekstra yang Anda bakar dapat menangkal kenaikan berat badan sesudah Anda berhenti merokok.

Makan Buah dan Sayuran
Janganlah diet ketika berhenti merokok. Fokuslah dengan makan lebih banyak buah, sayur, serta produk susu rendah lemak. Dalam Studi Universitas Duke diketahui sayur serta buah membuat rokok jadi terasa mengerikan. Hal ini akan memberi Anda “kaki” penopang di dalam memerangi kecanduan rokok dan sekaligus memberikan nutrisi pelawan penyakit.

Pilihlah Hadiah
Selain bermanfaat untuk kesehatan, berhenti merokok juga akan menghemat pengeluaran. Uang pembelian rokok dapat jadi hadiah yang menyenangkan bagi Anda.

Demi Kesehatan
Berhenti merokok tak hanya untuk menghemat uang, tnamun juga demi kesehatan. Kadar oksigen di dalam tubuh bertambah, dan tekanan darah menurun. Dalam sehari, tingkat karbon monoksida di dalam darah kembali normal. Dalam waktu dua minggu hingga tiga bulan, resiko serangan jantung serta paru-paru akan berkurang serta berfungsi lebih baik.

Cara alami dan ampuh untuk berhenti merokok meskipu mungkin akan terasa sedikit berat, namun jika Anda punya niat yang kuat untuk berhenti merokok, maka hal tersebut bukanlah hal yang sulit dan berat untuk dilakukan.

Cara Alami dan Ampuh Untuk Berhenti Merokok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim