Tips Cara Seputar Hidup Sehat Secara Alami dan Perawatan Tubuh Secara Alami

Cara Merawat Rambut Kering

Advertisement

Cara Merawat Rambut Kering -  Seperti halnya dengan kulit kering, rambut yang kering pun membutuhkan perhatian yang ekstra. Namun, begitu, Anda tka pelu khawatir, karena rambut Anda akan tetap lembut dan indah jika And rajin merawatnya. Rambut yang kasar dan kering seringkali membuat masalah, sebab sangat mudah kusut yang pada akhirnya menyebabkan ujung rambut pun mudah rontok. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti di bawah ini.


  1. Bilaslah rambut dengan air dingin. Bila Anda suka membilas rambut menggunakan air hangat, maka hentikanlah kebiasaan tersbut mulai sekarang. Air hangat tak bisa menjaga kelembaban rambut, maka pakailah air dingin untuk menjaga rambut tetap lembab sesuai yang dibutuhkan.
  2. Lepaskanlah ikatan rambut saat tidur. Biarkanlah rambut ‘bernafas’ sesudah seharian beraktifitas. Ikatan yang terlampau kuat akan membuat helaian rambut jadi tertarik dan pada akhirnya akan rontok.
  3. Istirahatkanlah rambut dari alat penata rambut. Alat-alat penata rambut yang sifatnya berhawa panas, seperti blow dryer, alat pengeriting, catokan, dan lain-lain bisa membuat rambut jadi makin kering. 
  4. Janganlah keramas tiap hari. Orang yang memiliki rambutcenderung berminyak memang disarankan keramas setiap hari. Namun jika Anda memiliki rambut yang kering, sebaiknya janganlah melakukan keramas setiap hari. Keramas tiap hari akan dapat menguras minyak alami yang terdapat di dalam rambut dan mengakibatkan rambut menjadi kusam, kusut dan kering. Keramas tiap 2 hari sekali saja cukup.
  5. Cara merawat ramut kering selanjutnya, janganlah menyisir rambut yang basah. Saat dalam kondisi basah, rambut kering akan sedikit rapuh. Menyikat atau menyisir rambut saat masih basah dan lembab dapat menyebabkan rambut jadi patah. Biarkan saja rambut mengering dengan sendirinya.
  6. Rambut yang dicat cenderung jadi kering karena akibat dari pemakaian bahan-bahan kimia. Oleh karena itu, pakailaj kondisioner tiap kali keramas untuk melembabkan rambut. Anda mesti rutin merawat rambut Anda dengan cara melakukan creambath, hair spa atau masker rambut.
  7. Untuk merawat rambu kering dengan masker rambut, tidak harus ke salon, karena Anda bisa membuatnya sendiri. Berikit bahan dan caranya :
       Bahan:
  • 2 sdm minyak
  • 2 sdm perasan buah jeruk lemon
  • 1 sdt madu
      Cara Membuatnya :
  • Campurkanlah seluruh bahan di atas sampai rata.
  • Usapkanlah masker rambut alami yang Anda buat dari akar sampai ujung rambut dengan merata. 
  • Diamkan selama 1 hingga 1 ½ jam sampai meresap ke dalam rambut. Selanjutntya, bersihkanlah rambut dengan shampo.
  • Lakukanlah secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang sehat, lembut dan bersinar.
Demikianlah tips dan cara merawat rambut kering. Tidak terlalu sulit ataun rumit bukan, dalam perawatan rambut kering? asalkan rutin, rambut kering Anda pun akan tampak indah.

Cara Merawat Rambut Kering Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim