Tips Cara Seputar Hidup Sehat Secara Alami dan Perawatan Tubuh Secara Alami

Cara Alami Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

Advertisement

Cara Alami Mengeluarkan Dahak Pada Bayi -  Dahak atau slam jika dialami orang dewasa mungkin akan cukup mudah untuk mengeluarkannya sendiri. Namun bagaimana jika bayi berdahak? Dahak yang menyangkut pada tenggorokan bayi tentu akan membuatnya merasa tak nyaman sebab menghalangi nafasnya, tangisannya pu biasanya jadi parau serta menyulitkannya untuk menelan ASI. Namun Anda tidak perlu panik, karena Anda bisa mengatasinya dengan cara alami mengeluarkan dahak pada bayi berikut ini.



Cara Mengencerkan Dahak Pada Bayi
  • Jemurlah bayi di bawah sinar mentari pagi (sekitar jam 07.00 - 08.00) selama lebih kurang 10 menit.
  • Cara lainnya, adalah mengoleskan balsem bayi ke dada serta punggungnya. Bisa juga dengan meneteskan minyak kayu putih ke dalam baskom yang berisi air hangat dan letakkanlah di dekat bayi supaya terhirup uapnya.
  • Tetap beri bayi ASI. Bila dia telah mendapatkan makanan tambahan, beri ia air putih hangat, sup/kaldu hangat atau sari buah. Intinya adalah, mengonsumsi banyak cairan adalah terapi sederhana untuk mengencerkan dahak pada bayi serta membersihkan tenggorokannya.
  • Berikan bayi ramuan tradisional berupa air jeruk nipis yang dicampur dengan madu atau kecap, berikanlah 1 sendok teh, 3 hingga 4 kali sehari.
Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi
  • Sesudah dahak diencerkan, tengkurapkanlah bayi di pangkuan Anda (Anda posisi duduk tegak dan bersandar). Letakkanlah satu kaki Anda lebih tinggi dari kaki yang lainn sehingga posisi tubuh si bayi miring dengan bagian kepalanya lebih rendah. Tepuk-tepuk dengan lembut punggung si bayi. Dahak encer pada bayi akan turun lalu keluar dari tenggorokannya.
  • Bila tidak dengan cara seperti di atas, dahak yang tertelan bayi bisa keluar sendiri melalui feses (kotoran), air ludah dan air seni. Atau, bisa juga keluar saat bayi bersin atau muntah. 
Demikianlah tips dan cara alami mengeluarkan dahak pada bayi. Semoga dengan cara di atas, Anda  bisa mengatasi bayi yang berdahak, sehingga tidak rewel lagi.

Cara Alami Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim