Tips Cara Seputar Hidup Sehat Secara Alami dan Perawatan Tubuh Secara Alami

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Advertisement

Apakah Anda pernah mengalami sakit gusi bengkak? rasanya sakit sekali bukan. Tidak kalah dari rasa sakitnya sakit gigi, gusi yang bengkak juga menimbulkan rasa sakit dan ngilu yang sanagt menyiksa. Apalagi, jika sampai gusi yang bengkak berdarah. Jika sudah demikian, maka sebaiknya Anda memeriksakannya ke dokter. Namun sebagai pertolongan pertamanya, Anda dapat mencoba cara mengobati gusi bengkak secara alami seperti berikut ini.



Mengurangi Stres
Academy of General Dentistry (AGD) mengatakan bahwa terdapat hubungan antara tingkat stres seseorang dengan kesehatan giginya. Orang yang seringkali mengalami stres mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga membuat mereka lebih sulit untuk melawan bakteri yang menjadi penyebab penyakit periodontal serta menjadikan mereka lebih rentan akan infeksi gusi.

Berkumurlah Dengan Air Garam
Caranya, larutkanlah garam ke dalam segelas air hangat lalu berkumurlah dengan air garam tersebut selama kurang lebih 30 detik. Ulangilah selama beberapa kali. Air garam tersebut akan dapat mengurangi sakit gusi bengkak serta menarik kuman yang menimbulkan infeksi. Jangan lupa juga untuk sikat gigi setidaknya sehari dua kali.

Gunakan Kantong Teh
Kanton teh memiliki kandugan Asam tannic yang bisa bekerja dengan efektif untuk mengatasi infeksi pada gusi. Caranya, peganglah kantong teh (bekas pemakaian yang sudah basah) pada area yang gusinya bermasalah lalu biarkanlah selama kurang lebih 5 menit.

Gunakan Madu
Madu mempunyai sifat antibakteri serta antiseptik alami, jadi Anda bisa memakainya untuk mengobati gusi yang terkena infeksi. Sesudah Anda sikat gigi,gosokanlah sedikit madu di area gusi yang sakit.

Konsumsi Lebih Banyak Vitamin C
Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin C dengan mengonsumis buah lemon atau buah-buahan lainnya yang memiliki kandungan vitamin C tinggi seperti buah jeruk, anggur, mangga, pepaya, kiwi serta strawberry yang akan membanntu untuk mengobati gusi bengkak secara alami. Vitamin C merupakan antioksidan yang mampu untuk meningkatkan proses pertumbuhan jaringan ikat serta regenerasi gigi dan tulang yang tentunya bisa dipengaruhi oleh beragam masalah gusi.

Manfaatkan Baking Soda
Baking soda diketahui dapat menetralkan kadar asam di mulut sehingga akan dapat mengurangi kemungkinan rusaknya gigi serta penyakit pada gusi seperti radang gusi atau gusi bengkak. Adapun cara menggunakan baking sida untuk mengobati gusi bengkak secara alami adalah dengan menambahkan sedikit baking soda ke dalam sedikit air hangat lalu aduklah hingga berbentuk pasta. Gunakanlah pasta tersebut untuk menyikat gigi dan gusi.

Demikianlah sejumlah tips dan cara mengobati gusi bengkak secara alami. Semoga bermanfaat untuk Anda yang mengalami sakit pada gusi ini. Sehingga, Anda bisa beraktifitas seperti biasanya dengan nyaman.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim