Tips Cara Seputar Hidup Sehat Secara Alami dan Perawatan Tubuh Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Kering, Rusak dan Rambut Bercabang

Advertisement

Memiliki rambut yang sehat dan indah tentu menjadi dambaan setiap orang, terutama bagi seorang wanita. Merawat rambut bagi wanita tidak kalah penting dengan perawatan tubuh lainnya seperti perawatan wajah dan kulit. Nah, oleh karen itu, jika rambut kering, rusak dan rambut bercabang, tentu kita pun harus segera mengatasinya agar tidak semakin parah.


Rambut yang kering, rusak dan bercabang dapat disebabkan oleh beberapa sebab. Diantaranya seperti :

  • Sering terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang lama secara langsung.
  • Menggosok rambut dengan handuk sesudah selesai keramas.
  • Memakai pewarna / cat rambut.
  • Memakai bermacam obat pun bisa merusak rambut.
  • Terlalu sering ke salon, karena biasanya salon memakai bahan kimia.

Untuk mendapat rambut yang sehat dan indah serta  tidak kering, rusak dan bercabang, Anda bisa mencoba menerapkan beberapa tips di bawah ini :

Gunakanlah Minyak Zaitun
Oleskanlah minyak zaitun hangat pada rambut setiap dua minggu sekali, untuk menghangatkan minyak zaitun, Anda dapat memakai microwave. Saat rambut diolesi dalam kondisi basah. Biarkanlah selama 5 menit, kemudian keramas dengan shampo

Sisirlah Rambut Dengan Benar
Cara Anda dalam menyisir rambut akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Usahakanlah memakai sisir dengan gigi yang lebar. Tak perlu menyisir rambut terlalu sering, namun cukup asal rambut tak kusut.

Gunakan Cuka Apel
Cuka apel memiliki khasiat untuk mengurangi kerusakan serta membuat rambut jadi lebih halus. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan minyak gandum dengan 1/2 cangkir cuka sari apel lalu tambahkanlah air secukupnya, oleskanlah ramuan tersebut ke rambut sesudah selesai keramas ketika rambut masih dalam kondisi basah, diamkanlah selama sekitar 10 menit kemudian bilas sampai bersih tanpa shampo.

Hindarilah Pengering Rambut
Alat pengering rambut yang panas bisa menyebabkan rambut jadi stress dan pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan rambut yang lebih parah. Oleh karena itu, sebaiknya supaya rambut tak mudah rusak dan bercabang, keringkanlah rambut dengan menggunakan kipas ataupun cukup dengan diangin-anginkan saja.

Gunakanlah Kondisioner Rambut
Setiap satu minggu sekali gunakanlah kondisioner sesudah keramas dan diamkanlah selama 10 sampai 15 menit lalu baru bilas. Usahakanlah jangan sampai kondisioner tersisa di rambut dan ketika memakai tak mengenai kulit kepala sbeab dapat menyebabkan rambut jadi lepek dan berminyak.

Gunakanlah Minyak Alami
Selain memakai minyak zaitun hangat, supaya rambut lembut dan halus serta terbebas dari rambut kering, rusak dan bercabang, Anda dapat memakai minyak rambut alami seperti minyak kelapa, minyak almond atau minyak bunga matahari. Oleskanlah minyak alami tersebut ke rambut sesudah berkeramas, selanjutnya bungkuslah dengan handuk hangat lalu diamkankan selama sekitar 20 menit, baru kemudian dibilas sampai bersih.

Cara Mengatasi Rambut Kering, Rusak dan Rambut Bercabang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim