Tips Cara Seputar Hidup Sehat Secara Alami dan Perawatan Tubuh Secara Alami

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

Advertisement

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami - Keputihan adalah salah satu masalah kesehatan wanita yang cukup mengganggu di daerah kewanitaan. Miss V memang sangatlah rentan terhadap sejumlah penyakit jika tidak dirawat dengan baik. Pola hidup tak sehat, perubahan aktifitas serta stress dapat menyebabkan daerah kewanitaan mengalami Fluor Albus atau yang lebih dikenal dengan keputihan. Keputihan dalah infeksi yang disertai rasa gatal pada organ kewanitaan dan sekitarnya (bagian luar) dan bisanya juga disertai dengan mengeluarkan cairan berwarna putih kelabu atau putih kekuningan. Keputihan sendiri biasanya disebabkan oleh jamur, virus, bakterai atau parasit. Meski keputihan punya banyak jenis, namun semua tetap berbahaya, terlebih jika kuman menyerang serviks. Pencegahan secara dini adalah solusi awal mengatasi keputihan, daripada Anda harus mencari cara mengobati keputihan. Berikut adalah tips mencegah dan mengobati keputihan.

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

Gunakanlah Pembalut Yang Tepat
Pembalut adalah barang wajib saat wanita sedang haid. Pembalut adalah cara sederhana yang sering dipakai oleh wanita yang sedang haid supaya mampu menyerap darah sehingga tak meluber kemana mana. Namun perlu diketahui, bahwa salah pilih pembalut justru akan membuat anda mengalami keputihan . Pilih pembalut yang memakai bantalan kualitas dan mengandung kandungan herbal. Gantilah pembalut setiap 4 jam sekali setiap harinya.

Jaga Kelembaban Organ Intim
Menjaga kelembapan organ intim adalah pencegahan awal terhadap keputihan. Tingkat keasaman organ intim yang baik adalah 3,5 . Perubahan warna serta bau yang tak sedap bisa dikarenakan tingkat keasaaman yang tinggi. Jika dibiarkan saja, maka kemungkinanakan  terjadi nyeri. Untuk menjaga kelembaban organ intim, sebaiknya jangan membersihkan vagina dengan menggunakan douching sebab dapat mengganggu keseimbangan PH organ intim. Pemakaian douche malah dapat meningkatkan resiko iritasi.

Bersihkan Organ Intim Dengan Tepat
Selalu jaga kebersihan organ intim dengan cara teratur dan bila membersihkannya usahakanlah dari arah depan ke belakang untuk menghindari menempelnya kuman di lubang pembuangan ke organ intim.

Daun Sirih
Daun sirih mempunyai kandungan batlephenol serta kavinol yang berguna untuk mematikan kuman dan merupakan antioksidan serta anti jamur. Tidak heran jika sejak dulu daun sirih sudah dipakai untuk mengobati keputihan. Cara yang tepat adalah ambillah 10 lembar daun sirih yang telah dicuci lalu siapkanlah lebih kurang 2 liter air ke dalam panic kemudian merebusnya, sesudah direbus, dinginkanlah air rebusan tadi dan basuhkanlah ke seluruh area organ kewanitaan.

Perbanyak Konsumsi Bawang Putih
Bawang putih mempunyai sifat anti kulat, anti bakteri serta anti virus yang memungkinkan untuk menghambat berkembangnya bakteri, virus dan kulat (jamur). Penelitian menunjukan kalau bawang putih mempunyai kekuatan antibakterial, sehingga mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengobati keputihan.

Demikianlah beberapa tips dan cara mencegah dan mengobati keputihan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter ahli.

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim