Tips Cara Seputar Hidup Sehat Secara Alami dan Perawatan Tubuh Secara Alami

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Advertisement

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami - Tidak hanya jerawat dan komedo, Flek hitam yang ada di wajah pun jadi momok yang menakutkan baik bagi wanita maupun pria. Selain karena membuat wajah tampak kusam serta tidak segar, flek hitam akan merupakan tanda penuaan kulit atau perawatan kulit yang kurang. Tapi tenang saja, sebab flek hitam di wajah bisa dihilangkan dengan cara melakukan perawatan kulit yang intensif. Nah, berikut ini adalah cara menghilangkan flek hitam secara alami yang bisa Anda coba terapkan.



Membersihkan wajah
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan flek hitam adalah dengan membersihkan wajah. Kelebihan sebum serta sisa-sisa make up bisa menyumbat pori-pori serta menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi. Anda perlu untuk melakukan metode pembersihan ganda yang bisa berguna untuk menghilangkan minyak yang berlebihan serta sisa make up. Pijatlah wajah Anda dengan susu pembersih dengan perlahan-perlahan. Selanjutnya bilaslah wajah Anda menggunakan air hangat. 

Pembersihan tahap selanjut
Berikutmya, gunakanlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika kulit Anda tipe normal, gunakanlah pembersih untuk kulit normal sementara untuk kulit berminyak serta kombinasi, gunakanlah pembersih berbasis busa atau gel. Bila Anda mempunyai kulit kering, gunakanlah pembersih yang berbasis krim. Pembersih dengan asam laktat, asam glikolat atau asam salisilat baik bagi kulit yang berjerawat. Pastikanlah untuk cuci muka 2 kali sehari. Janganlah pernah pergi tidur tanpa lebih dulu membersihkan make-up. Karena hal tersebut dapat memicu munculnya jerawat serta hiperpigmentasi. Pijatlah wajah dengan pembersih wajah Anda dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan menggunakan air hangat. 

Gunakan toner
Langkah selanjutnya dalam cara menghilangkan flek hitam secara alami adalah dengan menggunakan toner, gunakanlah bola kapas untuk membersihkan wajah dengan toner yang memiliki kandungan asam glikolat serta salisilat untuk dapat menghilangkan kotoran yang terhapus ketika Anda membersihkan muka. Toner dapat melembapkan serta melembutkan kulit.

Melembapkan kulit
Anda pun harus selalu menjaga agar kulit tetap sehat dan lembap. Pilihlah pelembap yang memiliki kandungan bahan-bahan alami yang akan membantu kulit untuk mempertahankan kelembapan kulit. Diantaranya seperti seperti hyaluronic acid, emolin, atau asam glikolat. Pijatlah wajah Anda dengan pelembap dengan gerakan ke atas serta juga pada leher.

Oleskanlah serum perawatan kulit tiap hari
Cari serum perawatan kulit yang memiliki kandungan asam glikolat, asam kojic, retinol atau vitamin C. Bahan-bahan tersebut akan mampu melakukan chemoexfoliation terhadap kulit untuk membantu meningkatkan pergantian sel serta menghilangkan kelebihan melanin di lapisan epidermis. Asam kojic, Retinol serta Vitamin C akan membantu membalikkan reaksi yang menyebabkan timbulnya flek hitam di kulit. 

Gunakan tabir surya
Agar flek hitam di wajah tidak muncul, selalu pakai tabir surya dengan SPF 15 hingga 30. Oleskanlah tabir surya di wajah tiap pagi, 5 menit sesudah mengoleskan pelembap di kulit.

Dengan melakukan langkah-langkah cara menghilangkan flek hitam di wajah di atas, semoga Anda bisa mewujudkan memiliki wajah yang bersih dan bebas dari flek hitam. Agar wajah semakin putih, Anda bisa membaca artikel sebelumnya mengenai cara alami memutihkan kulit wajah.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim